Genggaman untuk setang gerobak sayur nenek

Selalu ada hal baru dari sesuatu yang sering kita lihat. Tapi sebenarnya tiada yang baru, kitalah yang telat menyadari karena kurang hirau.

▒ Lama baca < 1 menit

Genggaman untuk setang gerobak sayur nenek

Saya tak tahu usianya. Perempuan tua dengan rok panjang dan kerudung asal Gunungkidul, DIY, itu setiap pagi mendorong gerobaknya, menjual sayur, dengan berteriak, “Sayoooor! Sayooooorrr!”

Gerobaknya lebih kecil daripada gerobak penjual sayur yang lain. Muatan dagangannya juga tak selengkap penjual lain. Barang yang dibawanya pun sedikit, sehingga ketika ia tiba di depan rumah saya maka sayur maupun bumbu yang kami butuhkan sudah habis. Artinya, apa yang bisa kami peroleh juga berkemungkinan sudah habis untuk pelanggan berikutnya.

Genggaman untuk setang gerobak sayur nenek

Meskipun setiap hari melihatnya, bahkan ikut mendekati gerobaknya mendampingi istri saya, ada hal yang selama ini luput dari amatan saya. Apa? Tambahan lembaran spons tipis pada setang gerobak.

Saya tak tahu padanan Indonesia yang tepat untuk hand grip. Namun yang saya maksudkan adalah itu. Kegunaan spons tersebut, katanya kepada saya, “Lha ya biar tangan saya nggak pegel to, Oom.”

Genggaman untuk setang gerobak sayur nenek

Grip ini adalah aftermarket tapi swakriya. Lalu saya tanya siapa yang membuat dan memasang, ia katakan, “Lha ya saya sendiri, mosok orang lain. Anak dimintai tolong nggak mau.”

Saya sungkan bertanya berapa anaknya, di mana suaminya, karena selama ini saya kurang akrab dengannya jika dibandingkan Mbakyu Sayur lainnya. Baru belakangan saya berkomunikasi dengan nenek ini. Nah, soal setang gerobak, ada temuan saya: lubang pada pipa itu bisa menjadi tempat menyimpan kantong keresek.

Genggaman untuk setang gerobak sayur nenek

2 Comments

Budi W. Jumat 9 Agustus 2024 ~ 15.09 Reply

pernah beberapa kali saya berpapasan dengan penjual baso cuanki yg keliling jalan kaki menjajakan dagangan pakai pikulan. belakangan saya baru ngeh, di tiang pikulannya itu terselip payung lipat.

Pemilik Blog Sabtu 10 Agustus 2024 ~ 00.33 Reply

Nah! Nanti akan dapat temuan lain lagi. 😇

Tinggalkan Balasan