Satu sampah, kampanye sebuah partai pascapileg

Seusai Pemilu 2024, Partai Garuda berkampanye lagi. Tapi pesannya mengambang, kurang menggigit.

▒ Lama baca < 1 menit

Partai Garuda: Satu sampah, kampanye sebuah partai pascapileg

Poster hitam itu menyuarakan pesan lingkungan. Bunyinya: “Satu Sampah yang Kau Buang ke Tempatnya akan Menyelamatkan Seluruh Alam Semesta”.

Pembuat poster adalah DPC Bekasi Partai Garuda. Bisa dibilang, poster ini bagian dari kampanye. Lho, bukannya Pemilu 2024 sudah usai? Ya, benar.

Tetapi yang namanya kampanye tak hanya untuk pemilu. Kampanye adalah kegiatan komunikasi yang mengemas pesan massal untuk menyadarkan masyarakat tentang suatu isu.

Poster partai ini adalah kampanye lingkungan. Maunya mengubah perilaku masyarakat dalam membuang sampah. Entahlah akan diapakan lembaran plastik bahan poster tersebut setelah tak terpakai. Juga belum jelas apalah Partai Garuda membayar pajak reklame karya poster ini bukan alat peraga pemilu.

Tetapi menurut Anda, apakah pengingat satu sampah dalam hubungannya dengan seluruh alam semesta itu cukup menggigit?

Bagi saya, sebagai kata-mata indah pun pesan ini sulit diingat. Memang sih kampanye bisa mengemas pesan abstrak — “adil makmur” pun termasuk abstrak — tetapi kalau pesannya kuat bisa menggugah orang untuk bersikap dan kemudian berbuat.

Di wilayah saya pernah ada spanduk menghardik warga luar kawasan yang menyampah sembarangan, isi pesannya membawa-bawa nama Tuhan.

Berhasilkah? Sebagai bangsa religius dan berbudaya mestinya demikian. Lalu korupsi dan perusakan lingkungan juga takkan terjadi.

Pembuang sampah rumah ke kompleks orang akan dilaknat Allah

Tinggalkan Balasan