Rumput bergoyang, belum tentu kambing doyan

Cowok menggigit sebatang rumput adalah ilustrasi romantis jadul. Kalau cowok mengunyah rumput?

โ–’ Lama baca < 1 menit

Rumput yang bergoyang, belum tentu kambing doyan

Ketika angin pagi berembus lembut, rumput yang saya foto menjadi blur di pucuknya karena bergoyang. Maka sambil memotreti rumput liar yang tumbuh pada tembok pagar, saya pun melamun jauh.

Misalnya, apakah rumput ini termasuk gulma dalam arti mengganggu kesehatan Lee Kuan Yew saya pada pagar? Belakangan si tanaman tampak kurang sehat. Atau jangan-jangan, rumput ini bukan gulma, hanya pengganjal mata? Artinya hanya menganggu secara visual?

Barusan saya cari info soal rumput. Ada yang berjenis hias, ada yang liar. Nah, dari jenis yang liar, ternyata tak semua didoyani kambing dan sapi. Misalnya rumput ilalang dan rumput grinting. Namun setiap jenis rumput liar punya fungsi ekologis, bahkan ada yang untuk obat herbal, misalnya rumput teki (ยฌ Disperkimta Buleleng).

Ketika ingat rumput yang bergoyang dan ternak, saya pun teringat Kardjo AC/DC, Paimo, dan Joni Gudel, dari Srimulat angkatan lawas. Ketika salah seorang bilang bertanyalah kepada rumput yang bergoyang, yang lain bertanya, “Sapinรฉ mangan apa?

Oh, rumput yang bergoyang adalah dari Ebiet G. Ade dalam lagu “Berita Kepada Kawan” (Camelia II, 1979).

Tentang rumput dalam lagu, saya juga teringat Iwan Fals dalam “Sarjana Muda” (Sarjana Muda, 1981) : Berjalan seorang pria muda / Dengan jaket lusuh di pundaknya / Di sela bibir tampak mengering / Terselip sebatang rumput liar.

Romantisisme sebatang rumput liar di bibir mengingatkan saya kepada ilustrasi cerpen majalah remaja. Lalu di lebih dari satu klip video, saya lupa lagu apa saja, juga ada adegan pemuda menggigit, bukan mengunyah, sebatang rumput.

Salah satu kenangan saya tentang rumput liar adalah keisengan anak Kampung Jangkungan, Salatiga, di alun-alun. Ada anak yang iseng mengikat beberapa batang rumput liar. Saya belum lihat hasilnya tetapi ada yang bilang ada pemain sepak bola yang tersandung.

Rumput yang bergoyang, belum tentu kambing doyan

Tanaman Lee Kuan Yew, Bukit Soeharto, dan anggrek Bu Tien

Kang Maman nggak nyuri makanan Lee Kuan Yew

6 Comments

junianto Rabu 29 Juni 2022 ~ 06.27 Reply

Tentang rumput liar dan keisengan anak Jangkungan, apakah sudah tayang di Di Salatiga?

Pemilik Blog Rabu 29 Juni 2022 ~ 10.16 Reply

Belum. Lagi gak mood urusin Di Salatiga ๐Ÿ™

junianto Rabu 29 Juni 2022 ~ 11.22 Reply

Setelah 5 Juni Paman arang-arang posting.

faridwong Selasa 28 Juni 2022 ~ 13.22 Reply

Yg sa inget soal rumput: saat kita nanem pohon mangga, rumput tumbuh di sekitarnya; tp saat kita nanem rumput, mangga belum tentu tumbuh ๐Ÿ˜

Pemilik Blog Selasa 28 Juni 2022 ~ 13.49 Reply

Oh iya ya. Baru sadar saya.
Kayak beli mobil dapat AC dan audio ya. Tapi beli AC mobil dan paket car stereo belum tentu dapat mobil. Kenapa ya?

Tinggalkan Balasan