Kulkas dan deposit box berpintu ayun kanan. Tapi pintu dispenser galon bawah ke kiri.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Dispenser galon bawah dengan pintu bukaan ke kiri

Di sebuah keluarga saya lihat sesuatu yang menarik: bukaan pintu dispenser galon bawah itu ke arah kiri. Tapi, silakan tertawa, ternyata saya yang katro bin ndesit. Saya cek sekian merek, umumnya dispenser jenis itu memang berpintu ayun bukaan kiri.

Saya belum beroleh jawaban kenapa ke kiri. Umumnya perabot berpintu tunggal, atau lebih dari satu pintu namun bersusun, menggunakan bukaan kanan. Kulkas. Safe deposit box seperti di hotel. Boks meteran listrik. Boks panel listrik.

Saya menduga bukaan kanan itu seperti umumnya arah putar mur dan baut, dan juga bor, yaitu mengandaikan mayoritas orang lebih aktif dengan tangan kanan mereka.

Sekali lagi dugaan karena saya tak mencari rujukan. Tentu pengecualian tetap ada. Saya pernah melihat gambar kulkas mini dengan bukaan ke kiri. Saya juga pernah melihat gendewa panah untuk orang kidal. Nyatanya, bukaan pintu microwave oven umumnya ke kiri karena panel kontrol di kanan pintu dan pengguna memegang piring dengan tangan kanan.

Apakah yang utama dalam linier harus dari kiri ke kanan? Sumbu x dan y positif itu ke kanan dan atas. Saya tak paham matematika, maka Anda yang paham bisa menjelaskan.

Lalu kenapa ya kibor titi nada piano dan organ, juga gamelan, juga dari kiri ke kanan? Kalau garis birama notasi Barat mungkin mengikuti cara baca tulis aksara Latin dari kiri ke kanan. Mungkin lho, karena notasi berupa teks sudah ada zaman Babilonia, 1300 SM.

Kembali ke soal pintu bukaan kanan, itu kelaziman sejak kapan ya?

Dispenser galon bawah dengan pintu bukaan ke kiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *