Meski pembaca awam belum tentu berminat, infografik ringkasan laporan keuangan tetap lebih menarik ketimbang tabel neraca.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Koran Kompas hari ini memuat infografik iklan, sehalaman, berisi ringkasan laporan keuangan BCA triwulan pertama 2021. Pembaca awam akan berjarak jika hanya melihat tabel neraca sehingga cenderung tak akan membacanya karena tak berkepentingan.

Dengan infografik, kalau memikat mata maka akan dilihat sebentar. Jika pembaca tertarik, mereka akan menyimak secara cermat.

Laporan keuangan bank itu wajib hukumnya. Tapi bagaimana supaya dibaca khalayak ramai dan sepi — karena undang-undang menganggap semua orang, bahkan yang bukan nasabah maupun investor, pasti berkepentingan — itulah tantangannya. Pun supaya bank tidak rugi membayar biaya iklan.

Bank Indonesia juga pernah membuat ringkasan laporan dalam infografik. Tapi ada sejumlah info yang membingungkan bagi saya sehingga saya harus menanya teman, seorang editor ekonomi, tapi jawabannya, “Embuh, Mas.”

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan

4 thoughts on “Laporan keuangan dalam wujud infografik

  1. ide yang sangat menarik!

    soal visualisasi data begini, di kantor banyak sekali tools-nya. mau cari data apa, ada. perkara mau disajikan bagaimana itu kepusingan si orang yang menyusun laporan serta pemahaman si pembaca laporan.

    karena di kantor ada motto “data driven”, keputusan perusahaan tergantung pada data..

  2. saya selalu suka liat infografik yang informatif tapi gambarnya juga menarik. kalo sdh gini kembali ujug-ujug keingat sama majalah Komputer Aktif, paman. Salahsatu penyebab saya berusaha beli tiap terbit karena gambar-gambarnya menarik dan informatif kui hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *