• Lama baca: < 1 menit →

Ini masalah di mana-mana termasuk di kota kecil. Kalau di Jabodetabek sudah jadi masalah klise: banyak orang punya mobil tapi rumahnya tak punya garasi, bahkan jalan ke rumahnya pun hanya bisa dilalui motor.

Di kompleks perumahan kecil juga begitu. Tak ada sisa lahan untuk mobil, terutama untuk perumahan kecil yang dibangun sebelum akhir 1990-an. Hanya dengan merombak rumah maka pemilik bisa punya carport.

Lalu salah satu solusi adalah menyewa tempat parkir. Bahkan delapan tahun lalu saya mendapati salah satu penyewa kaveling parkir di kantor PFN yang tak terawat, Jalan Otista, Jaktim, adalah warga Pasar Minggu, Jaksel.

Tadi saat jalan kaki melewati sebuah kampung dekat rumah saya melihat persewaan ruang parkir di tengah permukiman padat dengan banyak rumah tak berhalaman. Meski tanpa garis, mestinya para penyewa paham cara menata mobil.

Pemilik BlogMemoekonomi,kesejahteraan,lahan,mobil,parkir,perkampungan,perumahan,tata kotaIni masalah di mana-mana termasuk di kota kecil. Kalau di Jabodetabek sudah jadi masalah klise: banyak orang punya mobil tapi rumahnya tak punya garasi, bahkan jalan ke rumahnya pun hanya bisa dilalui motor. Di kompleks perumahan kecil juga begitu. Tak ada sisa lahan untuk mobil, terutama untuk perumahan kecil yang...Suatu atau sebuah blog?